Rabu, 09 September 2009

silabus metodologi sastra

SILABUS MATA KULIAH

Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah

Kode Mata Kuliah : 509302

Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Sastra dan Pengajarannya

Jumlah Sks : 2 sks

Semester : V (satu)

Mata Kuliah Prasyarat : Dasar-dasar Penelitian Pendidikan

Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini akan mengkaji seputar prosedur dalam penelitian sastra, meliputi: (1) Langkah-langkah dalam penelitian sastra; (2) Penyusunan proposal penelitian sastra; (3) Metode dan teori sastra; (4) Objek penelitian, teknik pengumpulan & analisis data sastra; (5) Metode pembacaan heuristik &hermeneutik; (6) Penyusunan laporan penelitian sastra.

Standar Kompetensi : Mahasiswa mampu membuat proposal penelitian sastra, melaksanakan penelitian sastra, dan menyusun laporan penelitian sastra.

Kompetensi Dasar

Indikator

Pengalaman Belajar

Materi Pokok

Waktu

Sumber/ Bahan/ Alat

Penilaian

1.Mengidentifikasi hakikat, tujuan, dan fungsi penelitian sastra

Mampu menjelaskan hakikat, tujuan, dan fungsi penelitian sastra.

1. Membaca teori penelitian sastra

2. Diskusi tentang hakikat, tujuan, dan fungsi penelitian sastra

1. Hakikat penelitian sastra

2. Tujuan penelitian sastra

3. Fungsi penelitian sastra

4. Relevansi penelitian

sastra dengan pengembangan ilmu

100’

1. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra (Nyoman Kutha Ratna, 2004: 21-32)

2. Penelitian Sastra: Teori, Pendekatan, Metode, dan Teknik (Sangidu, 2004: 1-27)

1.Tugas

Mandiri

2.Tugas terstruktur

3.Tugas Kelompok

4.Ujian Tengah Semester

5. Ujian Akhir

Semester

2. Mendeskripsikan penerapan metode kualitatif dalam penelitian sastra

Mampu memapar-kan penerapan metode kualitatif dalam penelitian sastra

1.Membaca teori penelitian sastra

2.Diskusi tentang penerapan metode kualitatif dalam peneltiian sastra

1. Pengembangan metode kualitatif dalam peneltian sastra

2. Penelitian deskriptif kualitatif

3. Penerapan metode kualitatif dalam penelitian sastra

100’

1. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang bahasa dan Sastra (Aminuddin, 1990: 108-125)

2. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra (Nyoman Kutha Ratna, 2004: 44-46)

3. Menyebutkan tahap-tahap Penelitian sastra

Mampu menjelaskan tahap-tahap dalam penelitian sastra

1. Membaca teori penelitian sastra

2. Diskusi tentang tahap-thap dalam penelitian sastra

1. Tahap perencanaan

2. Tahap pelaksanaan

3. Tahap pelaporan

100’

1. Teori Penelitian Sastra (Jabrohim (Editor), 2003: 33-53)

2. Penelitian Sastra: Teori, Pendekatan, Metode, dan Teknik (Sangidu, 2004: 1-27)

4. Menyebutkan langkah-langkah dalam penelitian sastra

Mampu menjelaskan langkah-langkah dalam penelitian sastra

1. Membaca teori penelitian sastra

2. Diskusi tentang langkah-langkah dalam penelitian sastra

Langkah-langkah dalam penelitian sastra:

Dari mengidentifikasi dan merumuskan masalah, studi pustaka, pengumpulan data, analisis dan interpretasi data, menarik simpulan, hingga implikasi penelitian

100’

1. Teori Penelitian Sastra (Jabrohim (Editor), 2003: 33-53)

2. Penelitian Sastra: Teori, Pendekatan, Metode, dan Teknik (Sangidu, 2004: 1-27)

5.Menyebutkan pendekatan dalam penelitian sastra

Mampu menjelaskan beberapa pendekatan dalam penelitian sastra

1. Membaca teori penelitian sastra

2. Diskusi tentang beberapa pendekatan dalam penelitian sastra

1. Pendekatan dalam penelitian sastra

2. Beberapa pendekatan dalam penelitian sastra: Objektif, Ekspresif, Mimetik, dan Pragmatik

100’

1. The Mirror and the Lamp: Roamantic Theory abd the Critical Tradition (M.H. Abrams, 1979: 3-29)

2. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra (Nyoman Kutha Ratna, 2004: 53-74)

6. Mengidentifikasi metode dan teknik penelitian sastra

Mampu mendeskripsikan metode dan teknik penelitian sastra

1. Membaca teori penelitian sastra

2. Diskusi tentang beberapa metode dan teknik dalam penelitian sastra

1. Teori, Metode dan teknik penelitian sastra

2. Metode Hermeneutik, Kualitatif, dan Analisis Isi, Deskriptif Analitis, Formal dan Dialektika

100’

1. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra (Nyoman Kutha Ratna, 2004: 53-74)

2. Teori Penelitian Sastra (Jabrohim (Editor), 2003: 1-9)

7. Mengidentifikasi objek dan subjek, data dan sumber data penelitian sastra

1. Mampu menjelaskan perbedaan objek dan subjek penelitian sastra

2. Mampu menjelaskan data dan sumber data

1.Diskusi tentang perbedaan objek dengan subjek penelitian sastra; data dan sumber data penelitian

2.Praktik membuat objek & subjek serta data dan sumber data penelitian sastra

1. Objek penelitian sastra

2. Subjek penelitian sastra

3. Data penelitian sastra

4. Sumber data penelitian sastra

100’

1.Penelitian Sastra: Teori, Pendekatan, Metode, dan Teknik (Sangidu, 2004: 19-27)

2. Teori Penelitian Sastra (Jabrohim (Editor), 2003: 1-9)

8. Menyebutkan beberapa teknik pengumpulan data penelitian sastra

Mampu menjelaskan teknik pengumpulan data dalam penelitian sastra

1. Diskusi tentang teknik pengumpulan data penelitian sastra

2. Praktik membuat

contoh beberapa teknik pengumpulan data penelitian sastra

Teknik pengumpulan data penelitian sastra

100’

1.Penelitian Sastra: Teori, Pendekatan, Metode, dan Teknik (Sangidu, 2004: 21-38)

2. Teori Penelitian Sastra (Jabrohim & Sujarwanto (Editor), 2003: 33-43)

9. Mendeskripsikan teknik analisis data dalam penelitian sastra

1. Mampu memaparkan teknik analisis data dalam penelitian sastra

2. Mampu menjelaskan metode pembacaan heuristik dan hermeneutik dalam analisis data penelitian sastra

1. Diskusi tentang teknik analisis data penelitian sastra

2. Praktik melakukan analisis data penelitian sastra dengan metode pembacaan heuristik dan hermeneutik

1. Teknik analisis data penelitian sastra

2. Metode pembacaan heuristik dan hermeneutik

dalam penelitian sastra

100’

1. Penelitian Sastra: Teori, Pendekatan, Metode, dan Teknik (Sangidu, 2004: 21-38)

2. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra (Nyoman Kutha Ratna, 2004: 44-52)

10. Mengidentifikasi teori Strukturalisme yang digunakan dalam penelitian sastra

Mampu mendeskripsikan teori Strukturalisme yang digunakan dalam penelitian sastra

1. Diskusi tentang teori Strukturalisme yang digunakan dalam penelitian sastra

2. Praktik membuat analisis karya sastra dengan teori Strukturalisme

Teori Strukturalisme:

- Teori Formalisme

- Teori Strukturalisme

Dinamik

- Teori Semiotika

- Teori Strukturalisme

Genetik

100’

1. Sastra dan Ilmu Sastra (A. Teeuw, 2003: 100-127)

2. An Introduction to Fiction (Robert Stanton, 1974: 1-87)

3. The Persuit of Signs: Semiotics, Literature, Deconstruction (Jonathan Culler, 1983: 3-99)

11. Mengidentifikasi teori Pos-Strukturalisme dan Multidisiplin yang digunakan dalam penelitian sastra

Mampu mendeskripsikan teori Pos-Strukturalisme dan Multidisiplin yang digunakan dalam penelitian sastra

1. Diskusi tentang teori Pos-Strukturalisme dan Muiltidisiplin yang digunakan dalam penelitian sastra

2. Praktik membuat analisis karya sastra dengan teori Pos-Strukturalisme

1.Teori Pos-Strukturalisme:

- Teori Resepsi Sastra

- Teori Interteks

- Teori Feminisme Sastra

- Teori Dekonstruksi

2. Teori Multidisiplin

- Teori Sosiologi Sastra

- Teori Psikologi Sastra

- Teori Antropologi

Sastra

100’

1. The Persuit of Signs: Semiotics, Literature, Deconstruction (Jonathan Culler, 1983: 100-118)

2. Resepsi Sastra (Umar Junus, 1989: 9-157)

3. Kritik Sastra Feminis Teori dan Apikasinya (Sugihastuti dan Suharto, 2002: 3-30)

4. Panduan bagi Pembaca Teori Sastra Kontemporer (Raman Selden, 1999: 72-148)

5. Pengantar Sosiologi Sastra (Faruk H.T., 1999: 7-99)

6. Metode Penelitian Sastra: Analisis Psikologis (Siswantoro, 2004:27-223)

12. Membuat proposal penelitian sastra

Mampu membuat proposal penelitian sastra sastra dengan pendekatan/ teori tertentu

Praktik membuat proposal penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu

Penyusunan proposal penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu

100’

1. Penelitian Sastra: Teori, Pendekatan, Metode, dan Teknik (Sangidu, 2004: 21-97)

2. Teori Penelitian Sastra (Jabrohim & Sujarwanto (Editor), 2003: 33-54)

13. Melaksanakan penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu

Mampu melaksanakan penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu

Praktik penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu

Pelaksanaan penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu

100’

1. Kritik Sastra Feminis Teori dan Apikasinya (Sugihastuti dan Suharto, 2002: 3-30)

2. Penelitian Sastra: Teori, Pendekatan, Metode, dan Teknik (Sangidu, 2004: 21-138)

14. Membuat Laporan penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu

Mampu membuat laporan penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu

Praktik membuat laporan penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu

Pelaksanaan pembuatan laporan penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu

100’

1. Kritik Sastra Feminis Teori dan Apikasinya (Sugihastuti dan Suharto, 2002: 31-273)

2. Penelitian Sastra: Teori, Pendekatan, Metode, dan Teknik (Sangidu, 2004: 9-117)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar