SILABUS MATA KULIAH
Program Studi : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Kode Mata Kuliah : 509302
Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Sastra dan Pengajarannya
Jumlah Sks : 2 sks
Semester : V (satu)
Mata Kuliah Prasyarat : Dasar-dasar Penelitian Pendidikan
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini akan mengkaji seputar prosedur dalam penelitian sastra, meliputi: (1) Langkah-langkah dalam penelitian sastra; (2) Penyusunan proposal penelitian sastra; (3) Metode dan teori sastra; (4) Objek penelitian, teknik pengumpulan & analisis data sastra; (5) Metode pembacaan heuristik &hermeneutik; (6) Penyusunan laporan penelitian sastra.
Standar Kompetensi : Mahasiswa mampu membuat proposal penelitian sastra, melaksanakan penelitian sastra, dan menyusun laporan penelitian sastra.
Kompetensi Dasar | Indikator | Pengalaman Belajar | Materi Pokok | Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | Penilaian |
1.Mengidentifikasi hakikat, tujuan, dan fungsi penelitian sastra | Mampu menjelaskan hakikat, tujuan, dan fungsi penelitian sastra. | 1. Membaca teori penelitian sastra 2. Diskusi tentang hakikat, tujuan, dan fungsi penelitian sastra | 1. Hakikat penelitian sastra 2. Tujuan penelitian sastra 3. Fungsi penelitian sastra 4. Relevansi penelitian sastra dengan pengembangan ilmu | 100’ | 1. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra (Nyoman Kutha Ratna, 2004: 21-32) 2. Penelitian Sastra: Teori, Pendekatan, Metode, dan Teknik (Sangidu, 2004: 1-27) | 1.Tugas Mandiri 2.Tugas terstruktur 3.Tugas Kelompok 4.Ujian Tengah Semester 5. Ujian Akhir Semester |
2. Mendeskripsikan penerapan metode kualitatif dalam penelitian sastra | Mampu memapar-kan penerapan metode kualitatif dalam penelitian sastra | 1.Membaca teori penelitian sastra 2.Diskusi tentang penerapan metode kualitatif dalam peneltiian sastra | 1. Pengembangan metode kualitatif dalam peneltian sastra 2. Penelitian deskriptif kualitatif 3. Penerapan metode kualitatif dalam penelitian sastra | 100’ | 1. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang bahasa dan Sastra (Aminuddin, 1990: 108-125) 2. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra (Nyoman Kutha Ratna, 2004: 44-46) | |
3. Menyebutkan tahap-tahap Penelitian sastra | Mampu menjelaskan tahap-tahap dalam penelitian sastra | 1. Membaca teori penelitian sastra 2. Diskusi tentang tahap-thap dalam penelitian sastra | 1. Tahap perencanaan 2. Tahap pelaksanaan 3. Tahap pelaporan | 100’ | 1. Teori Penelitian Sastra (Jabrohim (Editor), 2003: 33-53) 2. Penelitian Sastra: Teori, Pendekatan, Metode, dan Teknik (Sangidu, 2004: 1-27) | |
4. Menyebutkan langkah-langkah dalam penelitian sastra | Mampu menjelaskan langkah-langkah dalam penelitian sastra | 1. Membaca teori penelitian sastra 2. Diskusi tentang langkah-langkah dalam penelitian sastra | Langkah-langkah dalam penelitian sastra: Dari mengidentifikasi dan merumuskan masalah, studi pustaka, pengumpulan data, analisis dan interpretasi data, menarik simpulan, hingga implikasi penelitian | 100’ | 1. Teori Penelitian Sastra (Jabrohim (Editor), 2003: 33-53) 2. Penelitian Sastra: Teori, Pendekatan, Metode, dan Teknik (Sangidu, 2004: 1-27) | |
5.Menyebutkan pendekatan dalam penelitian sastra | Mampu menjelaskan beberapa pendekatan dalam penelitian sastra | 1. Membaca teori penelitian sastra 2. Diskusi tentang beberapa pendekatan dalam penelitian sastra | 1. Pendekatan dalam penelitian sastra 2. Beberapa pendekatan dalam penelitian sastra: Objektif, Ekspresif, Mimetik, dan Pragmatik | 100’ | 1. The Mirror and the Lamp: Roamantic Theory abd the Critical Tradition (M.H. Abrams, 1979: 3-29) 2. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra (Nyoman Kutha Ratna, 2004: 53-74) | |
6. Mengidentifikasi metode dan teknik penelitian sastra | Mampu mendeskripsikan metode dan teknik penelitian sastra | 1. Membaca teori penelitian sastra 2. Diskusi tentang beberapa metode dan teknik dalam penelitian sastra | 1. Teori, Metode dan teknik penelitian sastra 2. Metode Hermeneutik, Kualitatif, dan Analisis Isi, Deskriptif Analitis, Formal dan Dialektika | 100’ | 1. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra (Nyoman Kutha Ratna, 2004: 53-74) 2. Teori Penelitian Sastra (Jabrohim (Editor), 2003: 1-9) | |
7. Mengidentifikasi objek dan subjek, data dan sumber data penelitian sastra | 1. Mampu menjelaskan perbedaan objek dan subjek penelitian sastra 2. Mampu menjelaskan data dan sumber data | 1.Diskusi tentang perbedaan objek dengan subjek penelitian sastra; data dan sumber data penelitian 2.Praktik membuat objek & subjek serta data dan sumber data penelitian sastra | 1. Objek penelitian sastra 2. Subjek penelitian sastra 3. Data penelitian sastra 4. Sumber data penelitian sastra | 100’ | 1.Penelitian Sastra: Teori, Pendekatan, Metode, dan Teknik (Sangidu, 2004: 19-27) 2. Teori Penelitian Sastra (Jabrohim (Editor), 2003: 1-9) | |
8. Menyebutkan beberapa teknik pengumpulan data penelitian sastra | Mampu menjelaskan teknik pengumpulan data dalam penelitian sastra | 1. Diskusi tentang teknik pengumpulan data penelitian sastra 2. Praktik membuat contoh beberapa teknik pengumpulan data penelitian sastra | Teknik pengumpulan data penelitian sastra | 100’ | 1.Penelitian Sastra: Teori, Pendekatan, Metode, dan Teknik (Sangidu, 2004: 21-38) 2. Teori Penelitian Sastra (Jabrohim & Sujarwanto (Editor), 2003: 33-43) | |
9. Mendeskripsikan teknik analisis data dalam penelitian sastra | 1. Mampu memaparkan teknik analisis data dalam penelitian sastra 2. Mampu menjelaskan metode pembacaan heuristik dan hermeneutik dalam analisis data penelitian sastra | 1. Diskusi tentang teknik analisis data penelitian sastra 2. Praktik melakukan analisis data penelitian sastra dengan metode pembacaan heuristik dan hermeneutik | 1. Teknik analisis data penelitian sastra 2. Metode pembacaan heuristik dan hermeneutik dalam penelitian sastra | 100’ | 1. Penelitian Sastra: Teori, Pendekatan, Metode, dan Teknik (Sangidu, 2004: 21-38) 2. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra (Nyoman Kutha Ratna, 2004: 44-52) | |
10. Mengidentifikasi teori Strukturalisme yang digunakan dalam penelitian sastra | Mampu mendeskripsikan teori Strukturalisme yang digunakan dalam penelitian sastra | 1. Diskusi tentang teori Strukturalisme yang digunakan dalam penelitian sastra 2. Praktik membuat analisis karya sastra dengan teori Strukturalisme | Teori Strukturalisme: - Teori Formalisme - Teori Strukturalisme Dinamik - Teori Semiotika - Teori Strukturalisme Genetik | 100’ | 1. Sastra dan Ilmu Sastra (A. Teeuw, 2003: 100-127) 2. An Introduction to Fiction (Robert Stanton, 1974: 1-87) 3. The Persuit of Signs: Semiotics, Literature, Deconstruction (Jonathan Culler, 1983: 3-99) | |
11. Mengidentifikasi teori Pos-Strukturalisme dan Multidisiplin yang digunakan dalam penelitian sastra | Mampu mendeskripsikan teori Pos-Strukturalisme dan Multidisiplin yang digunakan dalam penelitian sastra | 1. Diskusi tentang teori Pos-Strukturalisme dan Muiltidisiplin yang digunakan dalam penelitian sastra 2. Praktik membuat analisis karya sastra dengan teori Pos-Strukturalisme | 1.Teori Pos-Strukturalisme: - Teori Resepsi Sastra - Teori Interteks - Teori Feminisme Sastra - Teori Dekonstruksi 2. Teori Multidisiplin - Teori Sosiologi Sastra - Teori Psikologi Sastra - Teori Antropologi Sastra | 100’ | 1. The Persuit of Signs: Semiotics, Literature, Deconstruction (Jonathan Culler, 1983: 100-118) 2. Resepsi Sastra (Umar Junus, 1989: 9-157) 3. Kritik Sastra Feminis Teori dan Apikasinya (Sugihastuti dan Suharto, 2002: 3-30) 4. Panduan bagi Pembaca Teori Sastra Kontemporer (Raman Selden, 1999: 72-148) 5. Pengantar Sosiologi Sastra (Faruk H.T., 1999: 7-99) 6. Metode Penelitian Sastra: Analisis Psikologis (Siswantoro, 2004:27-223) | |
12. Membuat proposal penelitian sastra | Mampu membuat proposal penelitian sastra sastra dengan pendekatan/ teori tertentu | Praktik membuat proposal penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu | Penyusunan proposal penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu | 100’ | 1. Penelitian Sastra: Teori, Pendekatan, Metode, dan Teknik (Sangidu, 2004: 21-97) 2. Teori Penelitian Sastra (Jabrohim & Sujarwanto (Editor), 2003: 33-54) | |
13. Melaksanakan penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu | Mampu melaksanakan penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu | Praktik penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu | Pelaksanaan penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu | 100’ | 1. Kritik Sastra Feminis Teori dan Apikasinya (Sugihastuti dan Suharto, 2002: 3-30) 2. Penelitian Sastra: Teori, Pendekatan, Metode, dan Teknik (Sangidu, 2004: 21-138) | |
14. Membuat Laporan penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu | Mampu membuat laporan penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu | Praktik membuat laporan penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu | Pelaksanaan pembuatan laporan penelitian sastra dengan pendekatan/ teori tertentu | 100’ | 1. Kritik Sastra Feminis Teori dan Apikasinya (Sugihastuti dan Suharto, 2002: 31-273) 2. Penelitian Sastra: Teori, Pendekatan, Metode, dan Teknik (Sangidu, 2004: 9-117) | |
FORD Escape Titanium - TITanium Art - iTanium.com
BalasHapusFORD Escape titanium nipple rings Titanium babyliss pro titanium straightener - TITanium Art 2020 ford ecosport titanium is your ticket for our unique work. Our TITanium gold titanium alloy artists team will share in our titanium ore artwork for the next