Kamis, 03 September 2009

FORMAT SILABUS

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEMESTER 1

Mata Pelajaran : Fisika 1

Pertemuan/Minggu ke : 1

Kompetensi Dasar:

1.1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)

Tujuan Pembelajaran:

· Siswa dapat mengidentifikasi penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari

· Siswa dapat menunjukkan sikap kerjasama, kepedulian, dan kesungguhan dalam kerja kelompok

· Siswa dapat menggunakan neraca lengan dan neraca pegas

· Siswa dapat menggunakan jangka sorong, mikrometer sekrup, dan gelas ukur

· Siswa dapat menggunakan stopwatch

· Siswa dapat memprediksi kesalahan pengukuran dan mengkomunikasikan hasil pengukuran dalam menyusun laporan

A. Tatap Muka

1. Ringkasan Materi Pembelajaran

· Pengukuran

· Kesalahan pengukuran

2. Sumber Belajar

1. Referensi: Marthin Kangenan, Fisika 1 SMA, Erlangga;

2. Bahan ajar: Hands Out, Bahan Presentasi

3. Media/ALat: LCD, computer, CD Presentasi,

3. Metode

Diskusi Kelas, Tanya jawab, Presentasi

4. Langkah Kegiatan Pembelajaran

Tahap Kegiatan

Aktivitas Siswa/Guru

Pendahuluan

· Bertanya pengalaman siswa mengukur

· Bertanya apa akibat pengukuran kurang teliti, misalnya dosis obat

Inti

· Siswa diminta memperagakan mengukur dengan mistar, jangka sorong, mikrometer, gelas ukur, neraca, dan stop watch

· Guru mempresentasikan mengukur dengan tepat, teliti, dan akurat

· Guru menjelaskan kesalahan pengukuran

Penutup

· Mengingatkan kembali ketelitian megukur

· Memberikan tugas untuk mempelajarai lembar kerja

B. Tugas Terstruktur

1. Ringkasan Materi Pembelajaran

· Pengukuran panjang dengan mistar, jangka sorong, dan mikrometer

· Pengukuran volume dengan gelas ukur

· Pengukuran massa dengan neraca

2. Sumber Belajar

1. Referensi: Marthin Kangenan, Fisika 1 SMA, Erlangga;

2. Bahan ajar: Lembar Kerja

3. Media/ALat: meja praktik, mikrometer, jangka sorong, mistar, gelas ukur, neraca, kalkulator

3. Metode

Eksperimen, diskusi kelompok

4. Langkah Kegiatan Pembelajaran

Tahap Kegiatan

Aktivitas Siswa/Guru

Pendahuluan

· Diskusi tentang kemungkinan penjelasan tambahan berkaitan dengan lembar kerja

· Membagi siswa dalam kelompok

Inti

Siswa

· bekerja dalam kelompok

· berdiskusi kelompok menganalisis hasil praktik dan membuat kesimpulan

· perwakilan kelompok yang ditunjuk menyampaikan hasil praktik

Guru

· mengamati kinerja siswa dalam praktik

· memfasilitasi kerja praktik dan diskusi kelompok

· menanggapi hasil kerja keompok

Penutup

· mengingatkan siswa menindaklanjuti siswa memuat laporan

· memberikan tugas mandiri

C. Kegiatan Mandiri

1. Materi Pembelajaran

· Besaran dan satuannya

· Kesalahan pengukuran

2. Sumber Belajar

1. Referensi: Marthin Kangenan, Fisika 1 SMA, Erlangga; Lingkungan

2. Bahan ajar: Lembar Kerja

3. Tugas untuk siswa

· Mengidentifikasi alat ukur besaran, satuan dan cara penggunaan di lingkungan sehari-hari

· Membuat laporan praktikum

Penilaian:

· Bentuk penilaian: pengamatan kinerja dan sikap, tes, dan tugas

· Aspek yang dinilai: praktik, sikap, dan pengetahuan

· Jenis penilaian: penilaian proses dan penilaian hasil

· Instrument penilaian: lembar pengamatan, soal

· Indicator soal tes tertulis:

1. Disajikan beberapa alat ukur, siswa dapat mengidentifikasi penggunaan alat ukur yang tepat dalam kehidupan sehari-hari

2. Disajikan gambar mikrometer, siswa dapat menunjukkan hasil pengukuran dengan benar

3. Disajikan data hasil pengukuran, siswa dapat menyimpulkan hasilnya

4. Siswa dapat mengidentifikasi ketelitian alat ukur

5. Disajikan gambar jangka sorong, siswa dapat menunjukkan hasil pengukuran dengan benar ukur

· Instrumen Penilaian tes tertulis

1. Perhatikan daftar alat ukur berikut ini:

(1) mistar millimeter

(2) jangka sorong

(3) mikrometer

(4) neraca lengan

(5) neraca pegas

(6) gelas ukur

(7) timbang beras

Untuk mengetahui masa jenis bola karet sebesar kelereng, alat ukur apa yang digunakan agar pengukuran lebih tepat dan teliti/

2. Berikut ini adalah data hsil pengukuran massa jenis kelereng secara berulang-ulang.

Perc

1

2

3

4

5

Masa jenis (r) dalam g/cm3

2,40

2,50

2,40

2,60

2,50

Berapa masa jenis kelereng yang disimpulkan/

3. Berapa ketelitian micrometer?

4. Berapakah hasil pengukuran brikut ini?




5. Berapakah hasil pengukuran brikut ini?

Jakarta, 16 Juli 2007

Kepala SMA 78 Jakarta Guru Mata Pelajaran Fisika

Drs. Djumadi, M.Pd. ______________________

Nip. 470036997 Nip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar